by

Perbatasan Puncak Cianjur Dijaga hingga Subuh untuk Mencegah Pemudik

INDONESIADAILY – Hari Ketiga Pelaksanaan PSBB, Perbatasan Cianjur-Bogor tepatnya di Jalur Puncak I diperketat. Bahkan sejumlah kendaraan berplat luar Cianjur yang mencuri waktu malam dan dini hari agar bisa melintas, diputar arahkan oleh petugas di perbatasan.

Dari pantauan detikcom di check point perbatasan Cianjur-Bogor pada Jumat (8/5/2020), sekitar pukul 01.00 WIB hingga 04.00 WIB, petugas dari kepolisian dan Satpol PP terus berjaga melakukan pemeriksaan terhadap pengendara yang masuk, terutama kendaraan plat luar Cianjur.

Kendaraan berplat nomor Cianjur turut diperiksa untuk mencegah masuknya pemudik di tengah PSBB.

Dari pemeriksaan kendaraan tersebut, sejumlah pengendara yang tidak memiliki alasan jelas untuk masuk Cianjur terpaksa diputar arahkan oleh petugas dan diminta kembali ke daerah asalnya.

Bahkan salah satu kendaraan yang diisi oleh tujuh orang penumpang asal Jakarta beralasan jika mereka hendak masuk Cianjur untuk mengecek jadwal pendakian Gunung Gede Pangrango. Padahal sejak pandemi Corona, pendakian ke gunung tersebut ditutup hingga waktu yang tidak ditentukan.

“Mau ke Cibodas pak, rombongan. Mau cek jadwal pendakian beres lebaran,” ungkap pengemudi rombongan asal Jakarta yang diputar arahkan tersebut.

Sementara itu, Plt Bupati Cianjur Herman Suherman mengatakan selama pelaksanaan PSBB parsial di Cianjur wilayah perbatasan akan dijaga dan dilakukan pemeriksaan kendaraan selama 24 jam.

“Kami siapkan petugas, terutama di pintu masuk utama seperti Haurwangi, Gekbrong, dan Puncak. Mereka akan standby selama 24 jam,” tuturnya.

Pemeriksaan tidak hanya dilakukan siang, tetapi juga malam dan menjelang waktu sahur. Sebab diduga ada rombongan pemudik yang memanfaatkan momen kelengahan petugas saat malam hari, untuk bisa masuk Cianjur.

“Ada informasi masuknya (pemudik) itu di pukul 02.00 WIB-04.00 WIB. Makanya diupayakan pada jam rawan itu petugas tetap siaga dan melakukan pemeriksaan. Jika warga luar kota yang sekadar ingin berlibur, akan kami kembalikan, termasuk rombongan pemudik,” ucapnya.

Comment

News Feed