by

Plt Camat Lumbis Pansiangan Ingatkan Pentingnya Vaksinasi

Indonesiadaily.id– Staf beserta sejumlah Kepala Desa Kecamatan Lumbis Pansiangan, Kabupaten Nunukan berjalan lancar. Vaksinasi dipimpin Plt Camat Lumbis Pansiangan, Lumbis S.Sos.,

Lumbis menjelaskan vaksinasi dilaksanakan untuk melengkapi upaya pencegahan penyakit Covid-19, acara tersebut tetap mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, serta menjaga jarak.

Ia juga mengatakan, vaksinasi merupakan prosedur pemberian suatu antigen penyakit, biasanya berupa virus atau bakteri yang dilemahkan atau sudah mati, bisa juga hanya bagian dari virus atau bakteri.

“Tujuannya adalah untuk membuat sistem kekebalan tubuh mengenali dan mampu melawan saat terkena penyakit tersebut. Sebenarnya, sistem kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit bisa terbentuk secara alami saat seseorang terinfeksi virus atau bakteri penyebabnya,” ujar Plt Camat Lumbis Pansiangan, Lumbis.

Baca Juga  Begini Upaya Kecamatan Lumbis Pansiangan Taklukan Banjir

Lumbis menambahkan, virus Corona memiliki risiko kematian dan daya tular yang tinggi. Oleh karena itu, diperlukan cara lain untuk membentuk sistem kekebalan tubuh, yaitu vaksinasi.

Menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat Covid-19 seperti yang disebutkan sebelumnya, vaksin Covid-19 dapat memicu sistem imunitas tubuh untuk melawan virus Corona.

“Dengan begitu, risiko anda untuk terinfeksi virus ini akan jauh lebih kecil. Kalaupun seseorang yang sudah divaksin tertular Covid-19,” katanya.

Terlebih lagi, vaksin bisa mencegah terjadinya gejala yang berat dan komplikasi. Dengan begitu, jumlah orang yang sakit atau meninggal karena Covid-19 akan menurun.

“Mendorong terbentuknya herd immunity
Seseorang yang mendapatkan vaksin Covid-19 juga dapat melindungi orang-orang di sekitarnya, terutama kelompok yang sangat berisiko, seperti lansia di atas 70 tahun,” paparnya.

Baca Juga  Masyarakat Lumbis Pansiangan Tagih Janji Pemerintah untuk Bangun Infrastruktur di Perbatasan

Hal ini karena kemungkinan orang yang sudah divaksin untuk menularkan virus Corona sangatlah kecil. Bila diberikan secara massal, vaksin Covid-19 juga mampu mendorong terbentuknya kekebalan kelompok (herd immunity) dalam masyarakat.

“Artinya, orang yang tidak bisa mendapatkan vaksin, misalnya bayi baru lahir, lansia, atau penderita kelainan sistem imun tertentu, bisa mendapatkan perlindungan dari orang-orang di sekitarnya,” jelasnya.

Kendati demikian, untuk mencapai herd immunity dalam suatu masyarakat, penelitian menyebutkan bahwa minimal 70 persen penduduk dalam negara tersebut harus sudah divaksin.

“Menjadilah bagian dari pada 70 persen itu!…ingat setelah penduduk indonesia divaksin 70 persen, kemungkinan akan sulit lagi mencari vaksin, jangan termakan hoax!,” pungkasnya.*

 

Comment